Senin, 25 Oktober 2010

Hipotesis tentang tumbuhan , hewan , dan manusia

Pengaruh BlueBerry terhadap jantung

Blueberry memang jarang ditemukan di Indonesia, namun ada baiknya jika Anda mengetahui bahwa sejenis buah arbei ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Memakan blueberry terutama dalam program diet sehat, dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi dan kegemukan. Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti dari Universitas Michigan.

"Kami melihat semua penyakit tersebut terkait erat menjadi pemicu penyakit jantung," demikian ujar salah satu peneliti, Mitchell Seymour yang dikutip dari Reuters.

Pada konferensi Biologi Eksperimental di New Orleans, Seymour mengatakan kandungan fitokimia alami yang tinggi dalam buah blueberry menghasilkan zat antioksidan bernama antosiamin. Antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan mereka yang mengonsumsi blueberry.

Dalam studinya, Seymour beserta timnya menguji khasiat bluebery ini pada tikus yang mengalami kegemukan. Sebelumnya mereka mengekstraksi blueberry dan mengeringkannya. Lalu mereka mengamati efek pemberian bubuk blueberry terhadap makanan dengan kadar lemak tinggi dan rendah.

Makanan tersebut kemudian diberikan kepada tikus. Setelah dilakukan pengamatan selama 90 hari, Mitchell dan timnya tidak menemukan kolesterol dan trigliserida berbahaya pada tikus yang diberi bubuk blueberry. Tikus yang diberi bubuk blueberry ternyata mampu menggunakan insulin dalam darah dengan baik.
                                                               BlueBerry .


Penyakit Rabies Pada Hewan
Rabies adalah penyakit menular yang bersifat akut dan disebabkan oleh rhabdo virus. dan dapat menyerang hewan berdarah panas (seperti anjing, kucing, kera, kelelawar dan karnivora liar lainnya), termasuk manusia. Penyakit ini masih menjadi momok sampai sekarang karena dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau bersifat zoonosis dan sangat berbahaya karena kalu tidak mendapat hampir selalu berakhir pada kematian.
Virus rabies terdapat dalam susunan syaraf pusat tetapi paling banyak terdapat dalam air liur penderita dan paling banyak ditularkan melalui gigitan.
Masa Inkubasi virus rabies pada hewan kurang lebih selama 14 hari sedangkan pada manusia antara 2 minggu sampai satu tahun, adapun factor yang menyebabkan lama masa inkubasi tergantung pada dalamnya lokasi gigitan, lokasi gigitan (misal tangan,kaki atau wajah), jumlah luka gigitan dan jumlah virus yang masuk melalui gigitan.
Ada 3 fase penyakit rabies, yaitu :
1. fase prodormal
2. fase eksitasi
3. fase paralysis

Rabies memang sangat berbahaya, karena dapat menyerang semua hewan berdarah panas tak terkecuali hewan kesayangan anda, dan rabies hampir tidak dapat disembuhkan dan hampir selalu berakhir dengan kematian. Oleh karena itu, maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah tindakan pencegahan yaitu selalu jaga kesehatan hewan anda ,periksakan rutin ke dokter hewan dan berikanlah vaksinasi sesuai aturan, tak lupa selalu jaga kebersihan hewan serta kandang dan usahakan agar hewan tidak main kemana-mana tanpa kita
Cobtoh hewan berdarah panas.

                                                       Contoh hewan terkena Rabies.


PENGARUH KELEBIHAN AIR TERHADAP TUMBUHAN
Air sangat dibutuhkan oleh tanaman karena merupakan komponen utama dalam sel-sel penyusun jaringan tanaman. Kehidupan tiap sel tergantung pada sifat cairan di sekelilingnya yaitu cairan extra sel (ces), dimana air adalah komponen utama pengisi sel. Dalam larutan sel terdapat ion-ion dan molekul-molekul yang diperlukan dalam melaksanakan fungsinya dalam proses difusi, osmosis, transpor aktif dan dalam reaksi biokimia seperti fotosintesis, transpirasi dan lain-lain.
Di dalam tanah keberadaan air sangat diperlukan oleh tanaman yang harus tersedia untuk mencukupi kebutuhan untuk evapotranspirasi dan sebagai pelarut, bersama-sama dengan hara terlarut membentuk larutan tanah yang akan diserap oleh akar tanaman.
Dalam Buckman and Brady (1982) disebutkan bahwa keberadaan air berdasarkan klasifikasi biologi air di dalam tanah ada tiga bentuk yaitu : air kelebihan, air tersedia dan air tidak tersedia. Pada umumnya kelebihan air yang terikat pada kapasitas lapangan tidak menguntungkan tanaman tingkat tinggi. Bila terlalu banyak air, keadaannya merugikan pertumbuhan dan menjadi lebih buruk ketika mencapai titik jenuh. Pengaruh buruk yang lain dari kelebihan air adalah terlindinya unsur hara bersama gerakan air tersebut ke bawah. Pada tanah yang bertekstur halus, hal ini mungkin hanya perpindahan unsur hara ke lapisan yang lebih bawah dan tidak terlalu dalam sehingga masih dapat diserap oleh akar tanaman.
Air merupakan pembatas pertumbuhan tanaman karena jika jumlahnya terlalu banyak menimbulkan genangan dan menyebabkan cekaman aerasi sedangkan jika jumlahnya sedikit sering menimbulkan cekaman kekeringan. Oleh sebab itu kebijakan pengelolaan air harus dilakukan agar tak terjadi water logging dan pemanfaatan air dapat seefisien mungkin sesuai kebutuhan.
                                              contoh tumbuhan kebanyakan air .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar